Biografi Tokoh Dunia: Adolf Hitler

 Biografi Tokoh Dunia: Adolf Hitler

Pada 20 April 1889, seorang bayi lelaki lahir dalam suatu kota kecil di Austria. Anak itu tumbuh serta jadi pimpinan Jerman yang penuh pro-kontra. Ia demikian dihormati, tetapi memetik hujatan dari banyak faksi. Ia bertanggungjawab atas pembunuhan 11 juta orang, termasuk juga pembunuhan massal pada 6 juta orang Yahudi. Adolf Hitler, si Fuhrer atau pimpinan partai Nazi di Jerman pada 1934 sampai 1945, yang mengawali kebijaksanaan fasisme hingga menyulut Perang Dunia II.

Adolf Hitler lahir pada 20 April 1889 di Braunau am Inn, Austria. Anak ke-4 dari enam bersaudara, Hitler lahir dari pasangan Alois serta Klara. Encyclopedia Britannica menulis, semasa beberapa saat, Alois memakai nama ibunya, Schicklgruber, untuk nama keluarga. Pada 1876, Alois putuskan untuk membangun keluarga dengan nama Hitler. Untuk seorang anak, Hitler seringkali bertabrakan dengan ayahnya yang keras dengan cara emosional, yang tidak menyepakati minat anaknya akan seni rupa untuk pilihan profesi.

Hitler memperlihatkan ketertarikan pada nasionalisme Jerman semenjak awal serta menampik kewenangan Austria-Hungaria. Nasionalisme ini bisa menjadi kemampuan motivasi hidup Hitler ke depan. Pada 1903, ayah Hitler mati tiba-tiba, selanjutnya mengejar kematian ibunya pada Desember 1907. Semenjak itu, ia geser ke Vienna, kerja untuk buruh kasar serta pelukis cat air. Pada 1913, Hitler tinggal di Munich. 

Waktu Perang Dunia I meletus, ia masuk pada militer Jerman serta diterima pada Agustus 1914, walau masih menggenggam kewarganegaraan Austria. Hitler serta Nazi Sesudah Perang Dunia I usai, Hitler kembali pada Munich serta melanjutkan kerjanya di militer Jerman. Untuk petugas yang genius, ia mengawasi kesibukan Partai Buruh Jerman (DAP) serta mengambil banyak memahami anti-Yahudi, nasionalis, serta anti-Marxisme. 

September 1919, Hitler masuk dengan DAP, mengganti namanya jadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP), atau seringkali dipersingkat dengan Nazi. Hitler membuat lambang partai Nazi, dengan ambil simbol swastika serta meletakkannya pada lingkaran putih dengan background merah.

Ia selekasnya jadi populer sebab pidatonya menantang Kesepakatan Versailles, politikus lawannya, Marxisme serta Yahudi. Pada 1921, Hitler dipilih untuk ketua partai Nazi. Jerman mulai terisolasi dengan cara diplomatis pada Mei 1933. Untuk membalikan situasi, pada awal tahun selanjutnya, ia menarik Jerman dari Liga Bangsa-Bangsa serta mengawali militerisasi negara itu untuk memperhitungkan gagasan penaklukannya.

Anti-Yahudi Sampai awal perang pada 1939, Hitler serta pemerintahan Nazi-nya mengeluarkan beberapa ratus hukum serta ketentuan untuk batasi dan mengecuali orang Yahudi untuk sisi dari warga Jerman. Pada 1 April 1933, Hitler mengaplikasikan memboikot nasional pada usaha yang digerakkan orang Yahudi. Nazi terus memisahkan orang Yahudi Permainan Draw Poker dari warga Jerman, larang mereka masuk sekolah umum, kampus, teater, acara olahraga, serta zone "Arya", tempat dimana orang Jerman dipandang seperti kemurnian rasial. Orang Yahudi diharap untuk bawa kartu jati diri serta harus mempunyai paspor yang dicap dengan huruf "J". Kebijaksanaan keras Hitler membidik beberapa anak yang cacat fisik serta mental, selanjutnya menetapkan program suntik mati buat orang dewasa dengan keperluan spesial.

Pemerintahannya menganiaya golongan homoseksual, tangkap seputar 100.000 pria selama 1933 sampai 1945, beberapa salah satunya dipenjarakan atau dikirim ke kamp fokus. Di kamp, tahanan yang suka sama-sama tipe diminta menggunakan segitiga merah muda untuk mengenali tujuan seksual mereka, yang dipandang Nazi untuk kejahatan serta penyakit. 

Selama Perang Dunia II, pada 1939-1945, Nazi serta kolaboratornya bertanggungjawab atas kematian minimal 11 juta orang, termasuk juga enam juta orang Yahudi. Pembunuhan massal yang dilaksanakan oleh Nazi diketahui untuk Holocaust.

Seorang vegetarian Hitler mempunyai rutinitas mengonsumsi minuman dan makanan yang unik. Ia tidak minum alkohol serta tidak makan daging. Rutinitas ini dipacu oleh fanatisme yang ia yakini jika ras Arya adalah superior. 

Ia menggerakkan orang Jerman untuk jaga badan kemurnian badan dari beberapa zat yang memabukkan atau najis, serta mempromokan kampanye anti-rokok di semua negeri. Akhir PD II serta kematian Awal 1945, Hitler mengetahui Jerman akan selekasnya kalah dalam perang. Uni Soviet menggerakkan tentara Jerman kembali pada Eropa Barat serta Sekutu bergerak ke Jerman dari bagian barat. 

Pada larut malam ke arah 29 April 1945, Hitler menikah dengan pacarnya, Eva Braun, di bunkernya di Berlin. Cemas tertangkap lawan, Hitler serta Braun bunuh diri satu hari sesudah pernikahan mereka. Jasad mereka dibawa ke luar tempat yang dibom di Reich Cahncellery, dimana kedua-duanya disemayamkan.

Berlin jatuh pada 2 Mei 1945. Lima hari selanjutnya, pada 7 Mei 1945, Jerman menyerah tanpa ada ketentuan pada Sekutu. Kekalahan Hitler mengidentifikasi usainya supremasi Jerman dalam riwayat Eropa serta kekalahan fasisme. Tetapi, perselisihan global dengan ideologi baru ada, yakni Perang Dingin, ada untuk akibatnya karena keruntuhan yang diakibatkan oleh Perang Dunia II.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar