Biografi Ilmuan serta Penemu Pythagoras

 Biografi Ilmuan serta Penemu Pythagoras

Pythagoras lahir di pulau Samos, Yunani Selatan, pada kira-kira tahun 580 SM. Ayahnya namanya Mnesarchus, seorang pedagang yang dari Tyre. Pythagoras sendiri seringkali membuat perjalanan ke Babilonia, Mesir, serta India. Di Babilonia, ia merajut jalinan dengan beberapa pakar Matematika.

Pythagoras lalu tinggalkan tanah kelahirannya serta geser ke Crontona, Italia. Diprediksikan ia telah lihat tujuh keajaiban duni kuno yang diantaranya ialah Kuil Hera yang terdapat di kota kelahirannya. Sekarang Kuil Hera cuman tersisa satu pilar yang tidak jauh dari kota Pythagorian.

Pada umur 18 tahun, Pythagoras berjumpa dengan Thales yang memperkenalkan matematika mealuli muridnya, Anaximander. Anehnya, Pythagoras sendiri mengaku jika gurunya ialah Pherekdes.

Phytagoras yakin jika angka bukan faktor seperti udara serta air yang banyak dipercayai untuk faktor semua benda. Angka bukan anasir alam. Pada intinya golongan Phytagorean memandang jika pandangan Anaximandros mengenai to Apeiron dekat dengan pandangan Phytagoras. To Apeiron melepas beberapa unsur bersimpangan supaya berlangsung kesetimbangan atau keadilan (dikhe). Pandangan Phytagoras mengutarakan jika serasi berlangsung karena angka. Jika segalanya ialah angka, karena itu ini bukan saja bermakna jika segala hal dapat dihitung, dipandang serta diukur dengan angka dalam jalinan yang seimbang serta teratur, tetapi karena beberapa angka itu segala hal jadi serasi, setimbang. Dalam kata lain peraturan berlangsung lewat beberapa angka.

Salah satunya warisan Phytagoras yang populer ialah teorema Pythagoras, yang mengatakan jika kuadrat hipotenusa dari satu segitiga siku-siku ialah sama juga dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (bagian-bagian siku-sikunya). Meskipun bukti di teorema ini sudah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, tetapi teorema ini dikreditkan ke Pythagoras sebab dia lah yang pertama menunjukkan penilaian ini dengan cara matematis.

Pythagoras tinggalkan Samos pada 1518 SM. Selang beberapa saat ia buka sekolah di Croton yang terima murid tanpa ada memperbedakan tipe kelamin. Sekolah itu jadi benar-benar populer serta ia pada akhirnya menikah dengan salah satunya muridnya.

Deskripsi detil mengenai Pythagoras tidak jelas. Disebutkan setalah itu, ia ke Delos pada 513 SM untuk menjaga penolong sekaligus juga gurunya, Pherekydes. Pythagoras tinggal disana sampai ia wafat pada 475 SM.

Seperginya Pythagoras, sekolah Croton berjalan terseok-seok serta banyak alami perselisihan internal, tapi terus berjalan sampai tahun 500 SM sebelum jadi alat politik.

Pythagoras mungkin bisa dikatakan sebagai pemikir garda depan di jamannya. Ia seorang orator ulung, cendekiawan populer, sekaligus juga guru yang karismatik. Semuanya membuat beberapa orang belajar darinya. Tidak mengejutkan jika selang beberapa saat ia memiliki banyak penganut serta pada akhirnya membangun sekolah.

Falsafah landasan yang penting buat Pythagoras ialah angka. Yunani mewarisi pandangan mengenai angka dari geomatrik Mesir. Hasilnya, pakar matematika Yunani tidak bisa memperbedakan di antara bentuk (shapes) dengan bilangan (numbers). Pada sekarang ini untuk menunjukkan teorama matematika biasa dipakai beberapa gambar yang digambar dengan memakai semacam penggaris yang dibuat dari logam atau batu serta kompas. Nisbah – nisbah ialah kunci untuk pahami alam.

Golongan Pythagoras serta matematikawan bertambah kekinian menasbihkan banyak energy dengan mengeduk bertambah dalam teori-teori mereka. Pada akhirnya, meraka memisah pembagian ke sepuluh kelompok tidak sama yang disebutkan dengan titik tengah serasi (harmonic means).

Celah satu titik tengah ini memiliki kandungan angka paling cantik di dunia, yakni nisbah emas (golden ratio). Tidak ada yang spesial dari nisbah emas ini, tapi suatu hal yang di inspirasi oleh nisbah emas nampaknya adalah objek-objek yang Permainan mesin slot paling indah. Serta sampai sekarang ini, aktris serta arsitek dengan cara intuitif mengenali jika objek-objek yang memiliki kandungan nisbah emas terlihat artistic. Serta nisbah ini mengubah banyak pekerjaan pada bagian seni serta arsitektur. Partheon, kuil Athena paling besar, dibuat dengan aturan nisbah emas ada di tiap faktor konstruksinya. Dalam pemikiran Pythagorean, nisabah mengatur alam semesta serta bermakna shih buat penjuru dunia barat juga.

Beberapa penganut Pythagoras mengatakan jika guru mereka wafat secara unik. Sebagian dari mereka mengatakan Pythagoras berhenti makan, beberapa lagi mengatakan jika ia mengurun serta diam diri.

Narasi lain mengatakan jika konon tempat tinggalnya dibakar oleh musuh-musuhnya, yakni beberapa orang yang berasa tersingkirkan oleh kedatangan Pythagoras dalam tempat itu. Semua penganutnya keluar rumah terbakar itu untuk selamatkan diri. Massa yang membakar rumah selanjutnya menghajar Pythagorean satu demi satu. Persaiudaraan juga dihancurkan.

Pythagoras sendiri berupaya melarikan diri tapi terlangkap serta dipukuli. Ia diminta lari di satu kebun, tapi menjelaskan jika ia lebih bagus mati. Selanjutnya, diambil keputusanbersama jika Pythagoras diberi hukuman pancung di depan umum.

Walau persaudaraan telah buyar serta pimpinannya terbunuh, akar ajaran Pythagiras terus bertahan sampai saat ini. Falsafah Barat banyak dikuasai oleh pertimbangan Pythagoras, termasuk juga doktrin Aristoteles yang dapat bertahan semasa dua millennium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar