Biografi Figur Dunia: Yip Man, Master Wing Chun Pelatih Bruce Lee

 Biografi Figur Dunia: Yip Man, Master Wing Chun Pelatih Bruce Lee

Tidak disangsikan kembali, Bruce Lee benar-benar figur artis pertandingan yang diingat selama hidup. Kepiawaiannya dalam seni bela diri membuatny ia berhasil di dunia perfilman. Dibalik itu semuanya, ada seorang pria namanya Yip Man atau sering disebutkan Ip Man. Ia adalah master seni bela diri saluran Wing Chun. Bruce Lee jadi satu diantara siswanya, yang sukses menjadi legenda.

Yang lalu, semacam apa perjalanan hidup Yip Man sampai bisa sanggup memproses kekuatan Bruce Lee? Awalnya kehidupan Untuk 1 Oktorber 1893, Yip Man terlahir di Foshan, propinsi Guangdong, China. Ia lahir dari keluarga kaya serta punya pengaruh, yang mempunyai pertanian. Yip Man adalah anak ke-3 dari 4 bersaudara. Nama orangtuanya ialah Ip Oi Dor serta Ng Shui. Ia tumbuh selaku anak yang pintar serta terdidik secara baik sebab posisi keluarganya.

Untuk umur 11 tahun, ia mulai terpikat dengan Wing Chung, sesudah melihat kelas seni bela diri yang diberikan sama master Chan Wah Shun di kuil punya keluarganya. Selaku info, Wing Chung adalah wujud seni bela diri antik dengan ahliasi untuk pertempuran jarak dekat, pukulan cepat, serta sepakan pertahanan dan ketangkasan gerak kaki. Di umur 12 tahun, Man pelajari seni bela diri yang ditingkatkan di China selatan lebih dari 300 tahun kemarin. Awalannya, Chan Wah Shun menduga anak lelaki itu bergurau hingga ia meminta untuk bayar skala besar untuk turut kelas Wing Chung.

Si master kaget sebab Wan kecil sukses memberikan beberapa uang sama permohonannya. Ia menduga bocah itu mengambil uang. Tetapi, jawaban Wan malah mengagetkan Wah Shun. Rupanya, Wan sudah kumpulkan uang itu dari beberapa saat awalnya untuk dapat masuk kelas Wing Chung. Bagaimana juga, Wan pada akhirnya belajar seni bela diri sepanjang 3 tahun yang cepat, sebelumnya Wah Shun meninggal dunia. Belum prima Untuk umur 15 tahun, Man berpindah ke Hong Kong. 2 tempuh pengajaran di St Stephen's College. Sepanjang ada di Hong Kong, ia meneruskan latihan bela diri.

Sepanjang habiskan waktunya di situ, ia sempat menaklukan seorang polisi yang berkelahi dengan seorang wanita, dengan memakai pergerakan seni bela diri. Seorang memberitahu tindakan Wan ke seorang pria, yang selanjutnya melawannya Permainan Draw Poker untuk memperlihatkan ketrampilan seni bela dianya. Sesudah menyaksikan kekuatan Man yang belum prima, pria itu mengutarakan dianya adalah Leung Bik, guru dari Wah Shun. Semenjak itu, Yip Man ada di bawah pemantauan Leung Bik. 

Tetapi, pengajaran malah ada dalam titik gawat saat meniti karier di Wing Chun. Untuk 1917, ia kembali pada Foshan, China, menjadi seorang petugas polisi. Ia mengajarkan Wing Chun dengan private. Ia menikah dengan Cheung Wing Sing serta memiliki 2 putra, yang seterusnya akan melanjutkan kreasi si ayah di seni bela diri Wing Chun.

Hong Kong serta Bruce Lee Untuk 1937 sampai 1941, ia bertanding bersama-sama militer menantang invansi Jepang. Pada saat itu, Man kehilangan banyak propertinya serta si istri jatuh sakit. Sesudah perang, ia diambil selaku petugas polisi waktu China berusaha untuk bangun. Kembali lagi, ia selalu mengajarkan Wing Chun di antara waktunya.

Untuk 1949, sesudah perang saudara, politik berbeda serta Partai Komunis China berkuasa. Selaku seorang polisi yang ditempatkan kerja sama Partai Nasionalis, ia terancam diamankan sama petinggi partai komunis. Ia larikan diri ke Hong Kong serta buka sarana training seni bela diri Wing Chun untuk umum. Siswanya yang populer ialah Bruce Lee. Pria itu bertandang ke Yip Man untuk 1953. Waktu itu, umur Lee baru mencapai 13 tahun serta nantinya jadi teman dekat sepanjang umur. 

Awalannya, usaha latihan bela dianya tidak seberuntung profesi Lee. Tetapi, peranan Lee di film The Green Hornet bawa kepopuleran serta kesejahteraan untuk Yip Man. Ia buka pusat training yang semakin besar hingga berkembang serta jadi populer. Jumlah siswa yang latihan makin bertambah serta kekayaan makin banyak. Selanjutnya, ia memilih untuk membangun Vin Tsun Atheltic Association untuk 1967.

Di umur 77 tahun, Yip Wan pensiun dari mengajarkan seni bela diri tetapi tidak sempat stop mempraktikannya. Sesaat, anaknya gantikan tempatnya mengajarkan Wing Chun.

Kematian serta penghormatan Yip Man wafat sebab kompleksitas karena kanker untuk 2 Desember 1972 di Hong Kong. 6 minggu sebelumnya meninggal dunia, ia minta anaknya serta seorang siswa untuk merekamnya lakukan pergerakan Wing Chun. Video itu tersimpan secara baik sampai sekarang serta bisa disaksikan di YouTube. Beberapa film yang di inspirasi atas peranannya dalam seni bela diri sudah dikeluarkan, terhitung The Legend is Born: IP Man, The Grandmaster, serta IP Man: The Final Fight.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar