Biografi Figur Dunia: Levi Strauss, Pemrakarsa Lahirnya "Blue Jeans"

Biografi Figur Dunia: Levi Strauss, Pemrakarsa Lahirnya "Blue Jeans"

Celana " jeans" atau jins dikatakan sebagai salah satunya baju terbaik di dunia. Celana memiliki bahan denim ini pas untuk semua keadaan seperti semiformal serta casual. Dibalik terkenalnya celana ini, ada profil namanya Levi Strauss. Dengan partnernya Jacob W Davis, ia sukses membuat celana yang disukai beberapa orang sampai sekarang. Walau celana memiliki bahan denim sudah exist sebelumnya penemuan "blue jeans", tetapi dapat dibuktikan dengan paku keling, celana itu jadi kuat serta tahan lama.

Kehidupan awalnya

Lahir dengan nama asli Loeb Strauss di Buttenheim, Jerman, di 26 Februari 1829. Ayahnya benama Hirsh Strauss serta ibunya, Rebecca Haas Strauss. Dari pernikahan itu, Hirsh serta Rebecca punyai 2 anak, diantaranya Levi. Sesaat, Hirsh mempunyai 5 anak dari pernikahan pertama kalinya dengan Mathilde Baumann Strauss yang wafat di 1822.

Tinggal di Bavaria, keluarga Strauss alami diskriminasi sebab mereka ialah Yahudi. Mereka bahkan juga harus bayar pajak spesial sebab iman yang mereka yakini. Saat berumur 16 tahun, Levi kehilangan ayahnya yang menanggung derita tuberkulosis. 2 tahun selanjutnya, ia, ibunya, serta 2 saudara perempuannya putuskan ke Amerika Serikat. 

Keluarga itu pada akhirnya dapat berpadu kembali lagi dengan 2 kakak lelakinya, Jonas serta Louis, di New York City. Di situ, Jonas serta Louis membangun usaha barang kering namanya "J Strauss Brother dan Co" serta ia kerja untuk kakak-kakaknya. Di 1850, Loeb Strauss mengganti nama depannya jadi Levi serta jadi masyarakat negara AS di 1853.

California Gold Rush Di 1849, nampaklah California Gold Rush yakni migrasi massa paling besar dalam riwayat AS yang bawa 300.000 orang masuk di California. Informasi tentang kehadiran emas sudah menebar serta warga dari Permainan Draw Poker beberapa daerah di Amerika bersama-sama cari suaka di negara sisi itu. Begitupun dengan Strauss yang memutuskan untuk berpindah ke San Francisco di awal 1953. Ia buka usaha grosir dengan nama Levi Strauss dan Co.

Upayanya fokus di pemasaran baju, selimut, sisir, dompet, sapu tangan, serta kain, yang didapat dari kakaknya di New York. Bisnisnya tumbuh subur hingga ia jadi figur populer di kota. Strauss menyangga kegaiatan budaya di San Francisco serta memberikan dukungan komune Yahudi. Ia menolong membangun sinagog pertama kali, Emanu-El, di kota itu. Ia memberi sumbangan uang ke sejumlah pekerjaan amal, termasuk juga permodalan spesial anak yatim piatu. 

Lahirnya "Blue Jeans" Salah satunya konsumen setia, Jacob W Davis, seorang penjahit di Nevada, minta bantuannya. Davis sejauh ini beli kain dari Strauss untuk upayanya sendiri serta meningkatkan formulasi spesial agar membuat celana yang bertahan lama. Lewat surat, Davis ungkap jika bahan duck serta denim sanggup membuahkan produk celana bermutu.

Supaya celana bertambah kuat, paku keling tembaga diberikan di kantong serta susunan luar depan hingga celana jadi kuat serta tidak gampang sobek. Davis pengin mempermanenkan ide cemerlang itu sebab ia takut seorang akan mengambil inspirasi itu. Tetapi, ia tidak mempunyai cukup uang untuk ajukan permintaan paten seputar 68 dollar AS.

Ia minta Strauss menjadi partner bisnisnya serta untuk membagi ongkos produksinya. Strauss sepakat serta di 20 Mei 1873, Paten AS No. 139121 diberi atas nama Jacob W. Davis serta Levi Strauss and Company. Di tanggal itu diperingati untuk hari kelahiran blue jeans. 

"Kami memandang 20 Mei 1873 untuk kelahiran jeans, sebab walau celana denim telah digunakan sekian tahun awalnya, tetapi penempatan paku keling baru dilaksanakan waktu itu," catat situs sah Levis's. 501 Mereka membuat celana berbahan kanvas berat, selanjutnya mengubahnya dengan bahan denim, yang selanjutnya diwarnai biru untuk tutupi bintik. Produksi celana jeans di awalnya dilaksanakan oleh penjahit dari rumah mereka. 

Di 1880, Levi Strauss memakai ruangan di pabriknya kepunyaannya di Pasar Street serta produksi bergerak mulai bergerak. Produk penting yang dibuat ialah jeans 501 yang populer. Tidak cuman membuahkan celana jeans, Strauss serta Davis membuat kaos dan sebagainya. Awalannya, 501 datang untuk penuhi keperluan beberapa karyawan tambang akan denim yang makin kuat.

Jeans diperlengkapi paku keling tembaga, cinch, serta gesper di potongan belakang pinggang (waistband), dan tali selempang berkancing yang membuat celana tidak gampang berubah atau terlepas.

Di saku belakang celana jeans ini ada Arcuate stitch desain, atau design jahitan dekoratif sebagai ciri-tanda uniknya. Perihal ini pula yang jadikan 501 untuk salah satunya trademark paling tua yang sempat dipakai sampai saat ini. Jeans yang laris keras, membuat Strauss jadi miliarder. Ia memperlebar bisnisnya dengan beli Mission and Pacific Woolen Mills di 1875. Ia anggota spesial serta bendahara Dewan Perdagangan San Francisco serta direktur "Nevada Bank", "Liverpool, London, and Global Insurance Company", serta "San Francisco Gas and Electric Company.

Kematian Strauss wafat di umur 73 tahun di 26 September 1902, di tempat tinggalnya di San Francisco. Kekayaan kepunyaannya sejumlah hampir 6 juta dollar AS, beberapa besarnya diberikan ke 4 sepupunya serta bagian keluarga yang lain, dan instansi amal.

Sesudah meninggalnya, sepupunya, Jacob Stern, menggantikan untuk presiden perusahaan. Jeans legendaris yang ia membantu buat, selanjutnya dikenali untuk Levi's atau Levis. Produk itu terus berkembang dalam capai reputasi ke penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar