Biografi Tokoh Dunia: Charlie Chaplin, Pelawak Legendaris Masa Film Bisu

Biografi Tokoh Dunia: Charlie Chaplin, Pelawak Legendaris Masa Film Bisu

"Semuanya yang saya perlukan untuk bikin humor ialah satu taman, polisi pria, serta wanita cantik." Demikianlah kurang lebih perkataan dari komedian besar, Charlie Chaplin. Jenakanya tidak dengan rangkaian kaca komedi, tetapi gerak gerik sebagai jagoan dalam mengundang tawa pemirsa. Di era 20, saat karya film cuma dirangkai dalam formasi gambar tanpa ada audio, seorang bintang besar ada untuk menghibur. Lahir pada 16 April 1889, dengan kumis kotak yang ditiru Adolf Hitler, aktor serta komedian asal Inggris ini menjelma jadi profil yang tetap diingat dunia. Kelahiran Dikutip dari situs charliechaplin.com, pria kelahiran London ini mempunyai nama komplet Charles Spencer Chaplin.

Lahir dari orang-tua yang bergulat di bagian seni Permainan mesin slot suara serta akting, tidak bingung darah seni mengalir di badannya. Ibu Chaplin adalah seorang artis serta vokalis dengan nama panggung Lily Harley. Ayahnya ialah seorang vokalis dan seorang aktor. Tetapi, Chaplin harus kehilangan si ayah saat ia masih balita. Sesaat si ibu yang namanya asli Hanna Hall menanggung derita permasalahan mental, hingga Chaplin serta saudara tirinya, Sydney, menelusuri London. 

Di kota itu, mereka menari di jalanan untuk kumpulkan uang receh dengan menyodorkan topi ke pemirsa yang melihat tindakan mereka. Dalam satu pertunjukkan, Hannah dengan cara mirakelus kehilangan suaranya di tengahnya atraksi. Hal tersebut menggerakkan manager produksi minta Chaplin untuk menyanyi. Chaplin yang baru berumur lima tahun, dengan cara berani ia gantikan tempat ibunya di atas panggung serta mulai menyanyi. Pemirsa dibikin takjub dengan laganya.

Chaplin memperoleh sorotan, tetapi semenjak itu, Hannah tidak sempat memperoleh suara lagi serta keluarga kecil itu perlahan-lahan kehabisan uang. Pada 1897, Chaplin serta Sydney masuk dengan club Eight Lancashire Lads, satu kelompok tari beberapa anak. Selanjutnya di 1908, saat umurnya mencapai 19 tahun, Caplin masuk dengan kelompok pantomim Fred Karno. Dari sana posisi bintangnya mulai cemerlang, waktu pantomim berjudul The Drunk dalam sketsa A Night di English Music Hall memetik reaksi positif.

Profesi film Perusahaan Karno membawanya sampai ke benua Amerika pada 1913. Di negara Amerika Serikat, Chaplin dikontrak untuk tampil dalam film humor Keystone karya Mack Sennet dengan gaji 150 dollar AS per minggu. Ia berperanan untuk mercenary dandy di film Making a Living. Diharap untuk membuahkan gambar yang bagus, membuat harus memikir kreatif untuk lakukan improvisasi dengan bajunya. Pilihannya jatuh pada mantel yang kekecilan, celana besar, serta sepatu floppy. 

Untuk sentuhan akhir, ia tempelkan kumis seukuran perangko di bawah hidungnya serta bawa tongkat. Pada film kedua-duanya di Keystone berjudul Kid Auto Races at Venice (1914), alter ego Chaplin "the Little Tramp" di monitor lahir. Semasa tahun pertama kalinya di perusahaan itu, Chaplin membuahkan 14 film termasuk juga The Tramp (1915).

Pada umur 26 tahun, ia geser ke Perusahaan Kualitasal dengan bayaran 670.000 dollar AS per tahun. Beberapa karya terbaik dibuat dari perusahaan itu, seperti One A.M (1916), The Rink (1916), The Vagabond (1916) serta Easy Street (1917). Chaplin adalah seorang perfeksionis. Kesenangannya pada uji coba dalam membuahkan karya tidak terhitung banyaknya. Ia sempat minta pembangunan kembali lagi semua set film serta mengulang-ulang semua pemungutan gambar karena hanya ia salah pilih aktor. 

Kesempurnaannya dalam membuat adegan film membuahkan buah yang baik, seperti The Kid (1921), The Pilgrim (1923), A Woman in Paris (1923), The Gold Rush (1925), serta The Circus (1928). Film The Circus membuat memenangi penghargaan Oscar pertama kalinya pada 1929. Tiga film paling akhir di atas dibuat oleh United Artist, perusahaan punya Chaplin yang berdiri pada 1919 dengan Douglas Fairbanks, Mary Pickford, serta DW Griffith.

Pernikahan serta komunis Dengan cara keseluruhan, Chaplin menikah sekitar 4 kali. Pada 1918, ia sempat menikah dngan Mildred Harris (16). Pernikahannya cuma bertahan 2 tahun. Pada 1924, ia menikah lagi dengan artis Lita Grey (16) yang ikuti audisi untuk satu peranan di filmya The Gold Rush. Dari pernikahan itu, ia mempunyai dua putra, Charles Jr serta Sydney. Kedua-duanya berpisah pada 1927. Seputar 9 tahun berlalu, Chaplin menikah dengan Paulette Goddard serta bertahan sampai 1942. Istri terakhir kalinya, Oona O'Neill, masih berumur 18 tahun, sesaat Chaplin berusia 54 tahun. Oona adalah putri dari dramawan Eugene O'Neill.

Walau sudah tinggal di AS semasa 42 tahun, ia tidak sempat jadi masyarakat negara negeri Paman Sam. Sejauh ini, profesi akting Chaplin bergulat pada film bisu, berarti tidak ada suara. Belumlah ada tehnologi yang dapat menyatukan audio ke visual. Perubahan pengetahuan yang cepat sangat mungkin sineas bisa membuahkan karya film dengan suara. 

Pada 1940, film dengan audio yang pertama dikeluarkan Chaplin dengan judul The Great Dictator yang memparodikan Adolf Hitler. Tujuh tahun selanjutnya, ia berkreasi dalam film humor Monsieur Verdoux. Kariernya mulai labil saat ia didakwa mempunyai jalinan dengan komunis sebab film itu. Tetapi, Chaplin menyanggahnya dengan keras.

Pada 1952, petugas imigrasi menahan Chaplin serta istrinya masuk kembali pada AS sesudah lakukan tour ke luar negeri. Pasangan itu pada akhirnya tinggalkan AS semasa 20 tahun. Mereka tinggal di Swiss dengan 8 anak. Pada 1972, Chaplin kembali pada AS untuk terima penghargaan spesial di Academy Awards atas karyanya yang tidak terhitung banyaknya untuk seni selama era. 

Perampokan jasad Lima tahun sebelum menyapu penghargaan dari Academy Awards, ia pernah menghasilkan film A Countess from Hong Kong pada 1967. Walau diperankan oleh Sophia Loren serta marlon Brando, film itu tidak masuk box office. Pada 1975, Chaplin terima gelar ksatria dari Ratu Elizabeth II hingga ia mendapatkan panggilan "Sir" untuk memulai nama selengkapnya. 

Chaplin hembuskan napas terakhir kalinya pada 25 Desember 1977 di dalam rumah di Corsier-sur-Vevey, Vaud, Swiss. Sesudah disemayamkan di dekat Danau Geneva, jasadnya dicuri oleh dua pria yang minta tebusan uang sejumlah 400.000 dollar AS. Aktor diamankan serta badan Chaplin diketemukan seputar 11 minggu selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar