Biografi Singkat Muhammad Hatta

 

Biografi Singkat Muhammad Hatta

Mohammad Hatta atau seringkali disebutkan Bung Hatta ialah Wakil Presiden pertama Indonesia. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Ayahnya ialah Haji Mohammad Djamil serta ibunya ialah Siti Saleha. Ayahnya wafat saat dia berumur delapan bulan. Hatta menikah dengan Rahmi Hatta pada 18 November 1945. Pasangan itu beranak tiga namanya Meutia Farida Hatta, Gemala Rabi'ah Hatta, serta Halida Nuriah Hatta.

Hatta mulai pendidikan di sekolah swasta namanya Sekolah Melayu. Selanjutnya dia ke ELS (sekolah bahasa Eropa). Ia meneruskan sekolah ke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs). Hatta mulai memperlihatkan dia tertarik dalam politik serta pergerakannasional semenjak dia berumur enam belas tahun. Beliau masuk Jong Sumatranen Bond serta dia diambil untuk bendahara.

Di tahun 1919, Hatta ke Hogere burger School (Minangkabau) di Batavia (Jakarta). Dia mengakhiri studinya dengan di tahun 1921 serta ia diperkenankanuntuk meneruskan studinya ke Rotterdam School of Commerce di Belanda. Ia ambil ekonomi untuk beliau serta memperoleh gelar Doktorandus. Ia selanjutnya meneruskan untuk memburu gelar doktor, tetapi ia tidak mengakhiri tesis–nyakarena politik sudah menggantikan hidupnya.

Di Belanda Hatta masuk Indische Vereeniging. Di tahun 1922, Indische Vereeniging beralih namanya Indonesische Vereeniging (Perhimpoenan Indonesia). Semasa dari 1922-1925 dan memegang untuk Ketua dari 1926-1930. Perhimpoenan Indonesia selanjutnya beralih Permainan Draw Poker dari organisasi kemahasiswaan organisasi politik yang keinginan untuk kemerdekaan Indonesia. Itu dipastikan suaranya melaluimajalah Indonesia Merdeka yang Hatta ialah editor.

Hatta hadiri Kongres semua Eropa untuk memperoleh semakin banyak suport dari bangsa-bangsa lain, dia tetap untuk Ketua delegasi Indonesia. Pada tengah tahun 1927, pekerjaan Perhimpoenan Indonesia sudah cemas pemerintah Belanda. Pada Juni 1927, pemerintah Belanda tempatkan Hatta serta empat aktivis Indonesia yang lain di penjara. Di tahun 1929, Hatta serta aktivis Perhimpoenan Indonesia yang lain yang dikeluarkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar