Biografi Nikola Tesla

 

Biografi Nikola Tesla

Nikola Tesla ialah seorang penemu listrik pertama di dunia serta seorang periset fisika yang lahir di Smijan yang di saat itu jadi sisi dari kerajaan Austro Hungarian, sekarang Yugoslavia pada 9 Juli 1856. Kali pertamanya berhijrah ke New York pada tahun 1884, dia cuma dengan modal uang 4 sen serta koper berisi artikel-artikel tehnik yang ditulisnya di Beograd dan Paris. Ini ialah satu buku kelompok puisi karya Nikola serta beberapa hitung tehnis mesin terbang. 

Namun dalam pikirannya sudah tersimpan semua detil tentang generator arus C polyphase yang selanjutnya jadi fundamen instalasi pembangkit listrik tenaga air tahun 1895 di air terjun niagara serta untuk standard mesin industri. Tetapi, untuk ketahui biografi Nikola Tesla lebih detilnya, silahkan baca beberapa penjelasannya berikut ini.

  • Nama Komplet: Nikola Tesla
  • Tanggal Lahir: 10 Juli 1856
  • Tempat Lahir: Smiljan, Kroasia
  • Tanggal Wafat: 7 Januari 1943
  • Tempat Wafat: Wyndham Hotel, Kota New York, New York, Amerika
  • Pendidikan: Graz University of Technology
  • Proyek-proyek penting: Arus bolak-balik,
  • tegangan tinggi, uji coba tenaga frekwensi tinggi

Nikola dipandang seperti salah satunya penemu listrik penting dalam riwayat serta adalah salah satunya teknisi paling besar diakhir era ke-19 serta ke-20. Dia ialah seorang pelopor elektromekanik, tanpa ada kabel daya listrik. Dia berketurunan Serbia serta jadi masyarakat negara Amerika Serikat pada tahun 1981 pada saat kerja di negara itu.

Paten Tesla serta kerja teorinya ialah fundamen dari daya listrik arus bolak balik kekinian, termasuk juga perihal distribusi daya polyphase dan motor AC, yang dia informasikan pada revolusi industri kedua. Sesudah pendemonstrasikan komunikasi tanpa ada kabel pada tahun 1893 serta memenangi perang arus, Nikola dipandang seperti salah astu teknisi listrik Amerika Serikat yang terhebat.

Di New York dia kerja untuk Edison serta sukses membuat sekitar 24 tipe dynamo. Namun kedua-duanya seolah tidak sempat pas, hingga di tahun 1887 Tesla keluar serta membangun laboratorium sendiri. Cuma dalam sekejap saja Nikola Tesla sukses menunjukkan jika skema arus AC-nya semakin lebih hebat bila dibanding dengan skema DC edision. 

Luar umumnya lagi, kurang dari satu tahun dia telah mematenkan seputar 30 karya. Serta di 20 tahun selanjutnya dia menghasilkan penemuannya dalam bagian tehnik listrik dan radio dalam jumlah yang benar-benar mengagetkan. Namun benar-benar sangat disayangkan, rangkaian kecelakaan sudah menghancurkan banyak tulisannya.

Untungnya masih ada usaha untuk meluruskan penemuannya, contohnya saja Nikola bukanlah Marconi untuk penemu circuit pelacak gelombang yang menjadi fundamen radio. Pahitnya, bukti itu dipastikan pengadilan tinggi Amerika Serikat pas ditahun kematiannya. 

Sebenarnya masih berjajar peluang gelar yang lain seperti periset pertama cahaya katoda dan cahaya X, radiasi ultraviolet dari arus dengan frekwensi tinggi dan dampak terapinya pada badan. Dia yang sudah membuat nenek moyang tabung lampu fluorescent serta meningkatkan alat berbentuk laser.

Sebab kreativitasnya itu pada tahun 1912 Nikola Tesla dinominasikan untuk hadiah Nobel dalam bagian pengetahuan fisika. Namun Sejarah Permainan Baccarat dia menampik, Nikola Tesla bertambah berasa memiliki hak memperoleh pada tahun 1909 atas Nobel yang dianugerahkan pada Marconi. Faktanya, pada tahun 1898 di Madison Square Garden dia sudah mendemonstrasikan perahu radio kontrol.

Tidak sama perihal dengan Marconi, Nikola benar-benar perduli dengan transmisi energi tidak cuma dalam jumlah kecil yang berbentuk signal radio saja, namun energi besar listrik untuk kepentingan rumah tangga dan industri. Malah pada tahun 1899 dia bangun stasiun pengirim tenaga listrik raksasa di Colorado Springs. 

Konsep kerjanya benar-benar simpel, yaitu sama dengan mainan ayunan anak – anak. Dorongan mudah mulai akan menggerakkannya, dorongan sama di waktu yang pas akan jadikan ayunan makin tinggi. Demikian pula serangkaian dari getaran listrik, frekwensi yang diterimanya pas pada kumparan penting. Getaran pada tiang dikaitkan dengan kumparan ke-2 Nikola akan bangunkan gelombang radio frekwensi tinggi yang dapat berjalan jauh sampai ke belahan lain bumi dengan cara bolak – balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar