Biografi Figur Dunia: Luciano Pavarotti, Vokalis Drama Legendaris

 

Biografi Figur Dunia: Luciano Pavarotti, Vokalis Drama Legendaris

Selaku seorang vokalis drama, Luciano Pavarotti tidak dapat disangkal sudah ikut berperanan dalam kembali lagi mempopulerkan seni drama di era ke-20. Pavarotti, yang lahir di 12 Oktober 1935, memulai profesinya selaku vokalis drama dengan tampil di Teater Reggio Emilia di Italia ke 1961 waktu dianya berumur 26 tahun. Ia tampil dalam atraksi bertema La Boheme serta memainkan figur selaku Rodolfo.

Profesinya naik cukup cepat dengan 2 tahun selanjutnya tampil di Royal Drama House di London, Inggris, sampai pada akhirnya bisa mengawali kiprah di Amerika ke 1965. Luciano Pavarotti terlahir di Modena, utara Italia. Ia ialah anak dari Fernando Pavarotti, seorang pembikin roti sekalian vokalis tenor pemula, serta Adele Venturi, yang kerja di pabrik rokok. Talenta menyanyi Pavarotti didapatkan dari si ayah yang mempunyai suara tenor. Tetapi si ayah jalani karier selaku vokalis sebab kerap grogi waktu tampil di muka beberapa orang.

Keluarga Pavarotti dikenal juga simpel, dengan tinggal dalam suatu apartemen 2 kamar serta ditempati 4 bagian keluarga. Waktu Perang Dunia II meletus, keluarga Pavarotti mau tak mau berpindah dari kota serta tinggal di wilayah tepian dengan sewa satu kamar dari keluarga petani. Saat kecil Pavarotti pernah bercita-cita menjadi pemain sepakbola. Tetapi seiring waktu berjalan, ia mulai melepas mimpi itu serta mulai latihan menyanyi. 

Ayah Pavarotti mempunyai banyak rekaman vokalis tenor populer seperti Beniamino Gigli, Giovanni Martinelli, Tito Schipa, serta Enrico Caruso. Pavarotti akui benar-benar kagum pada Giuseppe Di Stefano serta banyak di inspirasi sama Mario Lanza. Pavarotti mulai serius pelajari musik ke 1954, waktu dianya berumur 19 tahun. Ia selanjutnya berpeluang untuk belajar musik serta menyanyi dari Arrigo Skema, seorang pelatih serta vokalis tenor profesional di Modena, yang siap latih Pavarotti tiada memikat bayaran. 

Waktu berumur 20 tahun, dengan barisan gabungan suara dari daerah halamannya, Pavarotti mengikut satu pertandingan musik internasional di Wales, Inggris, serta sukses raih juara pertama kali. Pengalaman memenangkan pertandingan Permainan mesin slot itu yang selanjutnya menggerakkan Pavarotti menjadi seorang vokalis profesional. Tidak cuman memenangkan pertandingan, waktu itu Pavarotti berjumpa dengan seorang wanita namanya Adua Veroni yang selanjutnya dinikahinya ke 1961.

Jadi Vokalis Profesional Pada tahun 1961, Pavarotti memenangi satu pertandingan internasional yang diselenggarakan di Teatro Reggio Emilia, Italia serta memulai kiprah operanya dengan jadi Rodolfo untuk atraksi bertema La Boheme ke 29 April. 2 tahun berlalu, Pavarotti lakukan kiprah di Austria dengan tampil di Vienna State Drama di bulan Februari. 

Ia tampil kembali di situ ke Maret serta April 1963. Di tahun yang serupa, Pavarotti berpeluang untuk tampil di Dundalk, Irlandia serta lakukan kiprah di Royal Drama House, London. Walau semua performanya di beberapa tahun awalnya selaku vokalis drama beberapa dapat disebutkan berjalan secara lancar, tetapi belum membuat populer. 

Keadaan itu mulai berbeda sesudah dianya berteman dengan pasangan vokalis Joan Sutherland serta Richard Bonynge, yang disebut seorang konduktor. Di tahun 1963, Pavarotti mendapatkan peluang untuk ikut dalam tour yang akan dilaksanakan Joan Sutherland ke Australia. Dengan Sutherland, Pavarotti tampil di 40 atraksi sepanjang 2 bulan.

Tour di Australia itu sudah memberikan Pavarotti pengalaman bernilai, terhitung dalam tehnik pernafasan yang didalaminya dari Sutherland. Ke Februari 1965, Pavarotti pada akhirnya mendapatkan peluang untuk kiprah di Amerika Serikat, persisnya di Miami dengan tampil di atraksi Donizetti yang bertema Lucia di Lammermoor. 

Ia tampil gantikan vokalis tenor yang tiba-tiba sakit serta tidak ada vokalis yang lain dapat menggantinya. Dengan referensi dari Joan Sutherland, Pavarotti pada akhirnya bisa tampil jadi vokalis tenor alternatif. Ke 1972, masih dengan Sutherland serta membawakan satu produksi dari Donizetti bertema La Fille du Regimenr, Pavarotti tampil memikat di New York Metropolitan Drama. 

Sesudahnya, Pavarotti secara cepat jadi diketahui dengan internasional selaku seorang vokalis drama serta mempunyai banyak fans. Ia tampil dalam rekaman dan atraksi di tv. Kecuali tampil dengan Sutherland di beberapa atraksi yang mengorbitkan namanya, Pavarotti tampil solo. Ia seringkali tampil dengan 2 vokalis tenor lain, yaitu Placido Domingo serta Jose Carreras asal Spanyol, yang selanjutnya menyebut diri mereka dengan Three Tenors. 

Performanya dengan Three Tenors sudah dipandang bawa musik classic ke tingkat yang tidak pernah ada awalnya. Tidak cuman tampil dengan sama-sama musikus classic serta vokalis drama, Pavarotti sempat juga seringkali tampil bekerjasama dengan musikus terkenal seperti Eric Clapton, penyanyi U2 Bono, Elton John, vokalis Celine Dion serta group vocal Spice Girls.

Performa Paling akhir Ke 2004, waktu dianya sudah berumur 69 tahun, Pavarotti mulai berencana untuk mengadakan satu tour perpisahan sebelumnya tutup profesi bernyanyinya. Desember 2004, ia juga memberitahukan akan mengadakan perlihatkan di 40 kota di beberapa negara. 

Tetapi serangkaian tour itu pernah terlambat sebab Pavarotti harus jalani operasi tulang belakang ke Maret 2005 serta awalnya 2006 ia didiagnosa dengan kanker pankreas, memaksakan diurungkannya atraksi di AS, Kanada serta Inggris. 

Resmi pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin, Italia ke 10 Februari 2006 jadi performa paling akhir si pakar. Saat itu ia menyanyikan Nessun dorma yang disongsong dengan tepok tangan yang paling semarak dari beberapa pemirsa yang datang sekalian beberapa tamu internasional.

Tetapi tersingkap selanjutnya ke 2008 sama sutradara atraksi di acara pembukaan itu jika suara Pavarotti waktu itu ialah rekaman. Hal itu karena situasi cuaca waktu itu yang paling dingin dipandang tidak mungkin untuk menyanyi dengan cara langsung. 

Akhir Kehidupan Luciano Pavarotti wafat di umur 71 tahun, ke 6 September 2007 di daerah halamannya, Modena, Italia. Ia wafat karena kompleksitas dari kanker pankreas yang dialaminya, walau sudah pernah dilaksanakan operasi serta perlakuan sepanjang 2 minggu untuk menyembuhkannya. 

Pavarotti tinggalkan 4 anak wanita, 3 hasil dari pernikahan pertama kalinya dengan Adua serta seorang dari istri kedua-duanya, Nicoletta Mantovani. Upacara penyemayaman dilaksanakan di Katedral Modena yang didatangi Pertama Menteri Italia Romano Prodi serta Sekjen PBB, Kofi Annan. Mayat Pavarotti selanjutnya dibawa ke dusun Montale Rangone untuk disemayamkan di pusara keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar