Biografi Dr. Sun Yat Sen – Figur Nasionalis Cina

 Biografi Dr. Sun Yat Sen – Figur Nasionalis Cina

Biografi Dr. Sun Yat Sen. Dia lahir 12 November 1866 di Guang dong Cina, anak seorang petani miskin yang mengelana ke Honolulu Hawai Amerika Serikat ikuti kakak lelakinya untuk tempuh pendidikan. Sut Yat Sen kembali pada Cina tahun 1883, selanjutnya geser ke Hongkong untuk tempuh pendidikan samaranteran sampai lulus tahun 1892. Dr Sut Yat Benar-benar populer sebab dia adalah figur nasional Cina yang berusaha untuk persatuan nasional Cina, pembangunan ekonomi, serta pembangunan pemerintahan republik. Dia benar-benar punya pengaruh dalam riwayat Cina kekinian.

Dr Sut Yat Sen putuskan tinggalkan dunia klinis serta kembali pada Hawai membangun organisasi gerakan untuk jatuhkan penguasa Manchu. Cara ini karena kegundahannya lihat penurunan Cina pada saat dinasti Qing yang paling korup. Sesudah kekalahan Cina dalam perang Cina-Jepang tahun 1894-1895 Sun Yat Sen kembali pada Hongkong membuat pemberontakan Guangzhou. Meskipun upayanya ini tidak berhasil, tetapi semangat nasionalisme serta pergerakan revolusioner mulai berkembang di warga Cina khususnya di tanah rantau. Namanya populer di dunia internasional sesudah ditahan oleh kedutaan Cina di London tahun 1896. Semasa 16 tahun selanjutnya dia banyak mengelana pelajari dengan cara intens pertimbangan politik serta ekonomi barat serta membuat arah politik serta ekonomi negerinya.

Sun Yat Sen anyak mendapatkan suport dengan cara finansial, kepribadian atau politik dari dunia internasional. Banyak mitra, koneksi-koneksi luar negerinya yang memberi pertolongan seperti dari pemerintah Jepang tahun 1897. Beberapa cendekiawan Cina di tanah rantau memberi suport penuh hingga tahun 1905 dia selekasnya membangun T`ung meng Hui (Liga Revolusioner kombinasi) yang memberjuangkan tiga visi yakni nasionalisme, demokrasi serta kesejahteraan rakyat. Pergerakan Sun Yat Sen ini pada akhirnya membawa hasil pada bulom Oktober 1911. Dinasti Manchu tidak sanggup membendung gelombang pemberontak Permainan mesin slot hingga awal tahun 1912 Dr Sun Yat Sen dipilih jadi presiden sesaat RRC yang baru dibangun. Tetapi untuk hindari perang saudara, dia selanjutnya memundurkan diri serta memberikan kedudukan ke Yuan Shikai, bekas menteri pada saat kekaisaran. Tekad Yuan dalam kekuasaan tercium tingkahnya oleh Sut Yat Sen, hingga dia selekasnya memperlancar perlawanan sampai menjatuhkannya dari bangku kekuasaan tahun 1916.

Dr Sun Yat Sen selanjutnya mengganti organisasinya jadi parpol Kuomintang serta tahun 1917 dia membuat pemerintahan sendiri di Guangzhou untuk menyaingi sisa-sisa penerus Yuan di Beijing. Dia selekasnya menguatkan militer serta terima pertolongan dari Uni Soviet untuk menguatkan pemerintahannya. Di tahun 1923-1924 dia membuat koalisi sesaat dengan barisan komunis sampai terciptalah Kongres Nasional pertama (KMT) serta partai komunis jadi salah satunya anggotanya.

Semenjak tahun 1923 sampai kematiannya dia tertera untuk kepala pemerintahan KMT yang dirubahnya sesuai skema Uni Soviet. Pangkal massa Sun Yat Sen khususnya di Guangzhou berawal dari barisan pelajar, karyawan, rakyat bawah, serta tentara. Di beberapa akhir hidupnya dia selalu berusaha untuk persatuan Cina dengan merayu beberapa figur pihak untuk tinggalkan tekad pribadi. Sesudah dia meninggal dunia tanggal 12 Maret 1925, perjuangannya dilanjutkan oleh Chiang Kai Shek yang pada akhirnya sukses menjadikan satu Cina. Tetapi Chiang Kai Shek pada akhirnya tersisih ke Taiwan sesudah meletusnya perang saudara di antara barisan nasionalis dengan komunis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar