Biografi Adam Osborne – Penemu Netbook

 

Biografi Adam Osborne – Penemu Netbook

Adam Osborne ialah orang yang pertama-tama meningkatkan piranti computer portabel di dunia. Penemuannya benar-benar luar biasa serta kemungkinan begitu awalnya di waktu nya. Adam Osborne tumbuh dalam tempat yang berlainan serta pahami jika tehnologi benar-benar diperlukan untuk memudahkan hidup manusia.

Beliau diketahui jadi Penemu Netbook. Adam Osborne ialah salah seorang yang menggenggam fungsi penting serta punya pengaruh dalam riwayat awalnya pengerjaan individual computer (PC) dan membuat Computer Portabel pertama kali yang sekarang diketahui dengan panggilan Netbook. Dia dilahirkan di Thailand di 1939, serta habiskan periode anak-anaknya di Tamil Nadu, India Selatan, bersama-sama ke-2 orang tuanya yang berkebangsaan Inggris.

Dia berpindah ke Inggris waktu berumur 11 tahun. Di tahun 1961 dia lulus dari Kampus Birmingham, Inggris, jadi sarjana muda di bagian tehnik kimia. Kemudian, dia berpindah ke Amerika Serikat serta mengakhiri pengajarannya di Kampus Delaware serta mendapatkan gelar doktor di bagian tehnik kimia. Selanjutnya, dia kerja dalam suatu perusahaan pertambangan minyak Shell Oil.

Kehidupan Adam Osborne

Seperti banyak orang yang terus memikir kreatif, Osborne berasa tidak damai dalam jalani kehidupannya jadi pegawai di perusahaan besar. Dia tidak kerasan begitu lama ada di Shell serta memundurkan diri dari perusahaan itu. Dia selanjutnya mengetahui jika dianya benar-benar nikmati pekerjaan anyarnya jadi penulis buku petunjuk, terutamanya mengenai buku petunjuk computer baru yang akan dikembangkannya. Di awal 1970-an, dia memperoleh pekerjaan anyarnya jadi penulis buku petunjuk untuk mikroprosesor punya perusahaan computer Intel.

Osborne melanjutkan pekerjaan lepasnya jadi penulis serta tahun 1972 coba membangun Osborne and Associates, satu perusahaan yang beroperasi di sektor tulisan buku panduan computer yang simpel, gampang, serta nyaman dibaca untuk fans computer. Dia juga menulis satu buku yang dikasih judul "The Nilai of Power", yang selanjutnya mengganti judulnya jadi "An Introduction to Microcomputers". Dia coba tawarkan bukunya ke satu penerbit yang ada di kotanya. Tetapi, sayang buku itu tidak diterima. Dia belum pernah patah semangat. Lalu, dia putuskan untuk coba mengeluarkan bukunya tersebut.

Pada suatu acara dalam suatu club pemakai computer, dia pernah menunjukkan buku kreasinya ke Bruce Van Natta dari AMSAI, salah satunya perusahaan computer populer di AS. Sesudah membaca buku itu, Van Natta terpikat serta putuskan untuk mengikutkan 1 buku di tiap computer IMSAI yang akan dijualnya. Dengan awalnya yang bagus serta sama-sama memberikan keuntungan ini, dan keyakinan jika orang akan ramai-ramai cari buku-buku tutorial mengenai computer yang bisa gampang dibaca serta dipahami, Osborn coba membangun perusahaan penerbitan sendiri namanya Osborn Books.

5 tahun selanjutnya, penerbit Osborne Books sudah mengeluarkan lebih dari 40 judul buku mengenai computer. Lalu di 1979 sebab suatu hal, Osborne jual perusahaan penerbitannya ke McGraw-Hill. Dalam saat yang sama, dia mulai coba menulis dalam suatu kolom untuk majalah computer Interface Age serta Infowold. Dia benar-benar percaya computer segera dapat betul-betul bermanfaat bila computer itu dibikin Perkembangan Casino Online mobile (bisa dibawa kemanapun) serta aktif bersama-sama orang yang memakainya, dan bisa dipakai kapanpun serta dimanapun orang itu ada.

Dia mulai berpikir jika kelak perusahaan computer yang ada waktu itu pasti pahami mengenai konsep-konsep (beberapa ide) yang berada di kepalanya. Tetapi, perusahaan computer yang ada belum siap dengan konsep-konsepnya. Sesudah jual perusahaan penerbitannya, Osborn mulai mengubah tenaganya untuk mendesain computer yang portabel, memikat, gampang dipakai, serta kuat.

Membuat Computer Portabel Pertama kali Cikal Akan dari Netbook

Di Maret 1980, dalam acara "West Coast Computer Faire", dia berjumpa dengan Lee Felsenstein, seorang pakar yang mendesain papan circuit untuk tehnologi processor. Felsenstein mengawali upayanya yang bergerak di pengerjaan piranti keras (hardware). Perusahaan hardware-nya itu bukan hanya menghasilkan komputer-komputer yang portabel, dan juga tawarkan software-nya.

Felsenstein mulai terpikat mengikut inspirasi yang disodorkan oleh Osborne, dia mulai mendesain satu computer yang portabel, yang akan mampu ditaruh di bawah tempat duduk dalam satu pesawat. Computer itu mempunyai berat cuman 24 pound, mempunyai penampilan (display) 52 kolom yang akan cukup dalam monitor 5 inch, tabung pelindung, serta 2 disk drive. Supaya penuhi keperluan display yang kecil, Felsenstein coba simpan info 1 monitor penuh dalam memory, serta memberikan keringanan ke beberapa pemakai bila mereka mendesak tombol-tombol supaya monitor display menggulung.

Netbook Pertama kali Di Dunia Ciptaan Adam Osborne

Demikian hardware-nya diwujudkan, Osborne coba mengontak beberapa penyuplai software serta membuat kesepakatan untuk menyiapkan bahasa BASIC serta CBASIC, pengolah kata Wordstar, serta program pengolah data SuperCalc di tiap komputernya. Harga pasaran dari sotware-software itu seputar $2.000, yang mengakibatkan Osborne harus meningkatkan harga asli dari tiap unit yang dipasarkan. Osborne mulai mengenalkan computer anyarnya itu, yang dinamakan Osborne 1, di "West Coast Computer Faire" di April 1981.

Computer itu adalah computer portabel pertama kali yang software-nya bisa didapat pada harga $1.795 serta adalah dobrakan yang mengagetkan dan janjikan untuk raih pemasaran yang berhasil. Di September 1981, Osborne Computer Cooporation (OCC) memperoleh nilai pemasaran pertama kalinya juta-an dolar AS. Bahkan juga, Osborne 1 jadi salah satunya PC yang terlaku serta banyak terjual yang secara cepat capai pemasaran pucuk kira-kira 10.000 unit per bulan.

Pada tahun ke-2 , perusahaan punya Osborne capai sasaran pemasaran 70 juta dolar. Ini membuat kerepotan beberapa kompetitornya, seperti IBM serta Apple. Ini juga benar-benar diperburuk kembali waktu Osborne memberitahukan computer anyarnya, Executive, lama sebelumnya barang itu siap ditawarkan. Ini membuat beberapa customer hentikan pembelian pada Osborne 1 sekalian menanti computer baru yang akan dikeluarkannya. Tetapi, sayang di September 1983, tiada dijumpai dengan tentu, OCC alami kemunduran. Sebab pemasaran Executive tidak selaris pemasaran Osborne 1.

Di musim semi 1984, Osborne kembali ke usaha penerbitan. Firma anyarnya itu namanya Paperback Software International Ltd. Awalannya, dia berusaha untuk memublikasikan software yang murah untuk menandingi software-software mahal yang tengah berada di pasaran waktu itu. Pertama-tama, idenya itu menjumpai keberhasilan serta dia juga bisa menggantikan dan memikat beberapa customer computer khususnya beberapa perusahaan di Inggris.

Produk Osborne yang tersukses ialah program pengolah data yang dinamakan VP Planner. Sayang, Lotus Development Corporation berasa jika program itu menyalahi hak paten dari program mereka, Lotus 1-2-3. Di 1987, Lotus tuntut software itu, serta meminta ongkos lisensi software itu. Sesudah lewat proses yang panjang di pengadilan, pada akhirnya pengadilan juga putuskan jika penggandaan interface menu punya Lotus 1-2-3 dari software itu sudah menyalahi hak paten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar