Biografi Tokoh Dunia Michael Jackson

 Biografi Tokoh Dunia Michael Jackson

King of Pop Michael Jackson, bukan hanya terkenal sebab aksinya di dunia musik, dan juga sebab kesibukan sosialnya. Legenda musik dunia namanya komplet Michael Joseph Jackson ini membangun Heal the World Foundation pada 1992. Tubuh amal itu bawa beberapa anak kurang dapat ke peternakan Michael Jackson untuk bermain di sarana taman selingan, serta mengumpulkan beberapa dana kemanusiaan. Juta-an dollar Amerika Serikat (AS) sudah dikirim ke penjuru dunia untuk menolong beberapa anak yang menanggung derita karena perang, kemiskinan, serta penyakit.

Nama Heal the World Foundation sendiri diambil dari judul lagunya yang benar-benar terkenal, dengan nama yang serupa. Walau Michael Jackson sekarang sudah tanpa, tetapi lagu-lagunya masih awet dilantunkan di piranti elektronik beberapa pendengarnya, serta yayasannya masih aktif bergerak.

1. Waktu kecil

Michael Jackson lahir pada 29 Agustus 1958 dari rahim seorang ibu rumah-tangga namanya Katherine Jackson. Ayahnya, Joseph Jackson, ialah seorang gitaris yang kerja penuh untuk operator mesin derek.

Walau talenta musiknya tidak jadi karier intinya, Joseph menggerakkan 10 anaknya supaya bisa sukses di dunia musik. Selanjutnya pada awal 1960-an terciptalah band keluarga namanya Jackson 5. Michael Jackson didapuk untuk penyanyi penting di umur 5 tahun, yang didukung kakak-kakanya yaitu Tito, Jermaine, serta Jackie. Populeritas Jackson 5 bertambah cepat. Dari bermain di gigs lokal, sampai masuk dengan merek terkenal punya Berry Gordy diawalnya tahun 1969.

Semasa sekian tahun Michael Jackson serta Jackson 5 repot membuat tour serta rekaman album. Karena sangat tenarnya, band ini sampai dibuatkan serial kartun di tv yang disiarkan pada 1971-1972. Tetapi pada tahun itu juga Michael Jackson putuskan untuk solo profesi, tetapi masih menjaga tempatnya bersama-sama bersama Jackson 5. Pada umur 13 tahun Michael Jackson mengeluarkan lagu Got to Be There dengan nama album yang serupa.

Jackson 5 berbeda opini dengan merek rekamannya pada 1976 lantas masuk dengan merek rekaman lain, Epic Records. Nama band juga bertukar jadi The Jacksons. Michael Jackson masih terhimpun di band keluarga ini, sampai pada 1984 dia putuskan keluar untuk meniti karier sendiri.

2. Narasi dibalik lagu Heal the World

Heal the World ialah lagu ke enam di album Dangerous yang dikeluarkan pada 1991. Jackson sendiri yang menulis lirik lagu ini. Lagunya menceritakan mengenai pemahaman serta kasih sayang, dan mencela kekejaman pada sama-sama manusia.

Dalam film dokumenter tahun 2003 yang berjudul Living with Michael Jackson, si raja pop menjelaskan dia membuat lagu ini waktu ada di pohon peternakannya. Michael Jackson mengaku Heal the World termasuk juga salah satunya lagu favoritnya. Pada 1992 Jackson membangun Heal the World Foundation. Tubuh amal Permainan Draw Poker yang bawa beberapa anak kurang dapat ke peternakan Jackson untuk bermain di sarana taman selingan, serta mengumpulkan beberapa dana kemanusiaan. Juta-an dollar Amerika Serikat (AS) sudah dikirim ke penjuru dunia untuk menolong beberapa anak yang menanggung derita karena perang, kemiskinan, serta penyakit.

Ayah 3 anak ini sempat tampil di 70 konser di luar AS, yang semua keseluruhan didatangi 3,5 juta pemirsa. Beberapa hasil dari pemasaran disumbangkan ke Heal the World Foundation. Lagu ini sempat dimainkan untuk menemani penyemayaman James Bulger, bocah dua tahun korban pembunuhan kejam di Inggris tahun 1993. Bulger diculik, disiksa, serta dibunuh. Aktornya ialah 2 bocah lelaki berumur 10 tahun namanya Robert Thompson serta Jon Venables. Thompson serta Venables selanjutnya jadi orang termuda di Inggris yang diberi hukuman sebab pembunuhan pada era ke-20.

Kemurahan hati Jackson dalam menyumbang ikut membuat pecahkan rekor dunia. Pada 2000 Guinness Book of World Records melantik Michael Jackson untuk bintang pop paling dermawan selama riwayat. Semasa hidupnya Jackson sudah memberi lebih dari 300 juta dollar AS (seputar Rp 4,9 triliun) yang diberikan ke Make-A-Wish Foundation, Elizabeth Taylor AIDS Foundation, NAACP, UNICEF, Palang Merah, serta lusinan yayasan yang lain.

3. Akhir hayat

Si Raja Pop mengembuskan napas terakhir kalinya pada 25 Juni 2009 di umur 50 tahun sebab penyakit serangan jantung. Kematiannya berlangsung tiga minggu sebelum agenda konser di London, dimana tiketnya telah terjual habis. Conrad Murray, dokter pribadinya, memberikan Jackson beberapa obat untuk membantunya tidur.

Pada jam 12.22 siang paramedis terima panggilan genting di tempat tinggal Jackson di Holmby Hills, Los Angeles. Tiga menit selanjutnya ambulans datang. Jackson tidak bernapas serta CPR dilaksanakan. Usaha team klinis terus bersambung diperjalanan ke Ronald Reagan Medical Center UCLA.

Semasa lebih satu jam sesudah datang disana, semua usaha yang dilaksanakan team klinis tidak membawa hasil. Michael Jackson dipastikan wafat jam 14.26 waktu ditempat sebab overdosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar