Biografi Fatmawati "Penjahit Bendera Pusaka Pertama Indonesia"

Biografi Fatmawati "Penjahit Bendera Pusaka Pertama Indonesia"

  • Nama Komplet : Fatmawati Soekarno
  • Lahir : Bengkulu, Hindia Belanda, 5 Februari 1923
  • Wafat : Kuala Lumpur, Malaysia, 14 Mei 1980 (usia 57)
  • Makam : Karet Bivak, Jakarta.
  • Berkebangsaan : Indonesia
  • Zodiac : Aquarius
  • Suami : Soekarno (1943-1953)
  • Agama : Islam

Anda tentu yakin dengan beberapa kata, ada wanita hebat dibalik seorang lelaki yang hebat. Kedahsyatan serta kesukesan dari presiden pertama Indonesia Ir.soekarno tidak lepas dari terlibat istrinya yakni ibu fatmawati. Ibu fatmawati lahir di wilayah pasar Padang Bengkulu pada tanggal 15 Februari tahun 1923. Beliau tumbuh dari keluarga muhammadiyah. Dalam biografi fatmawati dikisahkan jika beliau tempuh pendidikan di Hollandsch inlandsche School (HIS). Setelah itu beliau tempuh pendidikan spesial dalam suatu sekolah yang diurus oleh organisasi katolik.

Fatmawati mulai menyenangi serta memberi meminta pada organisasi semenjak beliau ada sekolah fundamen. Di saat itu beliau aktif dalam organisasi naysatul asyiyah yang disebut organisasi wanita di bawah organisasi muhamamdiyah. Beliau mulai mengenal dengan soekarno, semenjak soekarno dipindah ke tempat perasinganya Permainan mesin slot yakni didaerah Flores, NTT. Di saat itu bung karno kerja untuk seorang pengajar di sekolah muhammadiyah serta fatmawati jadi siswanya di saat itu. Dalam biografi fatmawati dikisahkan jika fatmawati tinggal di rumah bung karno bersama-sama istrinya yakni bu inggit.

Pada akhirnya soekarno berpisah dengan ibu inggit serta memperistri ibu fatmawati. Pernikahan ir soekarno serta fatmawati dilaksanakan di tahun 1943 yang dikerjakan di Jakarta. Karena permasalahan yang makin banyak, jadikan fatmawati turut pindah ke Jakarta serta mengikuti soekarno dari sana. Sesudah menikah setahun, pada akhirnya mereka memiliki seorang putra yang namanya Muhammad guruh soekarno putra. 

Di tahun 1945 sesudah Jepang menyerah pada sekutu, berlangsung satu permasalahan yang cukup hebat. Serta ada narasi jika soekarno serta hatta menghianati bangsa Indonesia. Tapi itu cuma bualan yang dibikin oleh Jepang saja. Dalam biografi fatmawati, mengenai kabar ini banyak dikisahkan.

Dalam satu malam, soekarno dibawa ke rengas dengklok serta diminta oleh beberapa pemuda untuk selekasnya memplokamirkan kemerdekaan. Di saat itu banyak pemuda yang bergabung dimuka rumah fatmawati. Pada akhirnya bung karno serta bung hatta keluar serta katakan jika semua telah disiapkan. Lihat hal tersebut Ibu fatmawati pada akhirnya ambil kain yang ia jahit sendiri. 

bahan bendera itu ia terima dari seorang pemuda yang namanya chaerul bisri. Bendera pertama yang dikibarkan itu, saat ini disimpan di monumen nasional Indonesia. Saat membaca biografi fatmawati, kita akan tahu bagaimana perjuangan beliau untuk memberikan dukungan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 17 agustus 1945, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada akhirnya dikumandangkan. Setelah itu ibu fatmawati serta partnernya S,K trimutri mengibarkan bendera merah putih di saat berkemandangnya lagu Indonesia raya. Beliau melahirkan putra serta putri yang lain dari soekarno. Soekarno meminta izin untuk menikah dengan hartini. Dengar itu, fatmawati meminta untuk dipulangkan pada orang tuanya. Fatmawati wafat di tahun 1980 pada tanggal 14 mei.

Anak Fatmawati

  • Guntur Soekarnoputra
  • Megawati Soekarnoputri
  • Rachmawati Soekarnoputri
  • Sukmawati Soekarnoputri
  • Guruh Soekarnoputra

Penghargaan Fatmawati

  • Populer untuk wanita yang menjahit bendera merah putih di saat kemerdekaan Republik Indonesia

Itu beberapa narasi singkat mengenai biografi fatmawati. Mudah-mudahan bisa sedikit memberi pengetahuan untuk pembaca biografipahlawan.com dan bisa memberi ide pada wanita perempuan penerus bangsa Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar