Biografi Genghis Khan, Cerita Si Penakluk Dari Mongolia

 Biografi Genghis Khan, Cerita Si Penakluk Dari Mongolia

.Profile serta Biografi Genghis Khan. Dia diketahui dunia untuk penakluk paling besar di dunia yang sempat ada. Biasa dikatakan sebagai Genghis Khan atau Genghis Khan, dia adalah penguasa atau kaisar dari kerajaan Mongolia.

Saat berkuasa, Daerah kekuasaan Genghis Khan mencakup sebagian besar daerah benua Asia sampai beberapa daratan Eropa seperti Rusia.

Penaklukannya dilaksanakan dengan jalan genosida. Semasa berkuasa dia bertanggungjawab pada pembantaian 40 juta jiwa saat lakukan penaklukan. Ketia dia meninggal dunia luas daerah kekuasaanya telah capai 13.5 juta km..

Biodata Genghis Khan

  • Nama = Genghis Khan (Jenghis Khan)
  • Nama asli Temujin
  • Lahir Delüün Boldog, Mongolia, 1162
  • Meninggal dunia Yinchuan, Tiongkok, 18 Agustus 1227
  • Orang Tua Yesügei (ayah), Ho'elun (ibu)
  • Istri Börte, Khulan khatun, Yesui, Yesugen, Heda'an, Gurbasu Khatun
  • Anak Ogadai Khan, Jochi Khan, Tolui, Chagatai Khan, Alakhai Bekhi, Checheikhen, Gelejian, Tümelün, Alaltun, Altani, Khochen Beki.
  • Dikenal Kaisar Mongolia, Si Penakluk

Biografi Genghis Khan

Genghis Khan atau dikenal juga untuk Genghis Khan, dilahirkan kurang lebih tahun 1162. Ayahnya seorang kepala suku kecil. Dia menyebut anaknya Temujin setelah ia menaklukkan kepala suku lain.

Ketika Temujin berusia sembilan tahun, ayahnya terbunuh oleh suku rivalnya, serta setelah itu anggota kerabatnya yang bertepatan masih hidup ada dalam cengkaman ketakutan serta keterasingan.

Waktu Remaja

Ini benar-benar satu pemula dari kehidupan yang getir, serta buat Temujin lebih-lebih lagi sebelumnya ada perkembangan yang lebih bagus untuk dianya. Ketika ia telah mencapai umur muda remaja, ia tertawan pada suatu pertarungan menantang suku rivalnya.

Untuk menahan ia dapat berhasil lolos, satu gelang bambu digantungkan di tangkai lehernya. Dari situasi yang tidak terlihat jalan berhasil lolos dalam tahanan barisan buta huruf yang primitif. Dari negeri yang kering kerontang Temujin atau yang selanjutnya diketahui dengan Genghis Khan dapat bangun jadi manusia yang terkuat di dunia.

Kebangkitannya berawal dari upayanya lolos dari tahanan rivalnya. Selanjutnya ia masuk dengan Toghril, rekan dekat almarhum ayahnya, seorang kepala suku yang punyai hubungan jalinan di wilayah itu.

Beberapa tahun selanjutnya yang sarat dengan baku hantam antar suku, Temujin setapak untuk setapak berusaha keras capai pucuk.

Suku-suku Mongol lama populer penunggang-penunggang kuda yang cakap serta pendekar-pendekar yang keras tidak mengenal ampun. Selama riwayat mereka tidak henti-hentinya mendobrak Cina sisi utara.

Tapi, sebelum Temujin ada, antar suku Mongolia senang berperang dengan sesamanya menyiakan energi mereka. Dengan kemahiran menyatukan sikap keberanian, diplomasi, kekerasan serta kesanggupan mengatur, Temujin sukses menjadikan satu semua suku-suku di bawah kepemimpinannya.

Gelar Genghis Khan

Dalam biografi Genghis khan, disebut di tahun 1206 satu permusyawaratan besar antar suku-suku Mongol memberikan panggilan Temujin "Genghis Khan" yang bermakna "Kaisar semesta."

Ekspansi Militer ke China

Kemampuan militer Genghis Khan yang mencekam yang digalangnya menujukan ujung tombaknya ke negeri-negeri yang berdampingan. Sebelumnya ia mendamprat Hsi Hsia di timur laut Cina serta Kekaisaran Chin di utara Cina.

Ketika pertarungan berjalan pertikaian muncul di antara Genghis Khan serta Khwarezm Shah Muhammad yang memerintah kerajaan yang cukup besarnya di Persia serta Asia Tengah.

Pada tahun 1219 Genghis Khan gerakkan pasukannya mendamprat Khwarezm Shah. Asia Tengah serta Kerajaan Persia diambil pindah serta kerajaan Khwarezm Shah Muhammad dihancurkan. Menurut sejarawan, Genghis Khan bertanggungjawab pada menyusutnya populasi China semasa dia lakukan penaklukan.

Genghis Khan Meninggal dunia

Bertepatan dengan itu beberapa pasukan Mongol menggempur Rusia, Genghis Khan dengan cara pribadi pimpin tentara menggempur Afganistan serta India sisi utara. Ia kembali pada Mongolia tahun 1225 serta meninggal dunia disana tahun 1227.

Dimana Makan Genghis Khan?

Tidak ada yang mengetahui dimana makam dari Genghis Khan ada. Konon menurut narasi, Genghis Khan dikuburkan di makam tidak bertanda. Tidak ada catatan riwayat yang tuliskan dimana makam Genghis Khan ada.

Serta menurut legenda, beberapa Prajurit dan pekerja yang turut peran dalam memakamkan Genghis Khan dibunuh supaya rahasia makamnya bisa tertutup dengan rapat.

Kekaisaran Monglia Sesudah Genghis Khan

Dalam biografi Genghis khan diketahui sekejap sebelum Genghis Khan hembuskan nafas paling akhir, ia meminta supaya putera ke-3nya, Ogadai, diputuskan jadi substitusinya. Ini adalah pilihan arif sebab Ogadai jadi seorang jendral cemerlang berdasar hasil upayanya sendiri.

Di bawah kepemimpinannya, pasukan Mongol melanjutkan penyerbuannya di Cina, seutuhnya kuasai Rusia, serta menggempur maju ke arah Eropa.

Pada tahun 1241 kombinasi tentara Polandia, Jerman, Hongaria seutuhnya dipukul oleh beberapa orang Mongol yang maju cepat ke arah Budapest. Tapi, tahun itu Ogadai wafat serta pasukan Mongol mundur dari Eropa serta tidak sempat balik lagi.

Ada waktu lowong yang jelas ketika beberapa kepala suku Mongol sama-sama beradu fakta tentang masalah alternatif pimpinan. Tapi, disamping itu di bawah dua Khan selanjutnya (Mangu Khan serta Kublai Khan, kedua-duanya cucu Genghis Khan) beberapa orang Mongol melanjutkan maju menekan terus di Asia.

Tahun 1279 beberapa orang Mongol telah kuasai satu imperium yang terluas dalam riwayat. Perebutan wilayahnya mencakup Cina, Rusia, Asia Tengah, Persia serta Asia Tenggara.

Tentaranya lakukan pergerakan maju yang penuh kesuksesan meningkatkan wilayah yang melintang dari mulai Polandia sampai belahan utara India, serta kekuasaan Kublai Khan disudahi di Korea, Tibet, serta bagian-bagian Asia Tenggara.

Satu empirium yang ini luas wilayahnya sendirinya sulit ditangani melalui skema transportasi yang primitif. Mengakibatkan ialah musykil pelihara kesatuan wilayah kekuasaan, hingga selanjutnya empirium itu terpecah iris.

Tapi, kekuasaan Mongol mampu bertahan sekian tahun. Orang Mongol baru terhalau dari beberapa Cina tahun 1368. Malah, kekuasaan mereka atas wilayah Rusia berjalan semakin lama.

"Pengelana Emas," demikianlah panggilan yang umum dikasih ke kerajaan cucu Genghis Khan namanya Batu dibangun di Rusia berjalan sampai era ke-16 serta Khamate dari Crimea bertahan sampai tahun 1783.

Cicit-cicit lain Genghis Khan membangun dinasti-dinasti yang kuasai Asia Tengah serta Persia. Ke-2 wilayah ini ditundukkan di era ke-14 oleh Timurleng (Tamerlane), berdarah Mongol serta mengakui diri turunan Jengtis. Dinasti Tamerlane usai di era ke-15.

Tapi walau ini usai bukan bermakna penaklukan-penaklukan serta perebutan Mongol telah setop. Cicit Tamerlane namanya Baber menggempur serta menempati India serta membangun dinasti Mogul (Mongol). Penguasa-penguasa Mogul, yang kuasai sebagian besar India masih memegang tampuk kekuasaan sampai tengah era ke-18.

Dalam biografi Genghis khan, ialah satu karena tidak langsung penaklukan oleh Genghis Khan simpan arti tertentu. Penaklukan Mongol yang bersamaan dengan penggabungan beberapa Asia bertambah meningkatkan jalur perdagangan di teritori itu dibanding situasi awalnya.

Serta sekaligus juga menggerakkan Permainan Draw Poker perdagangan arus di antara Cina serta Eropa. Pedagang-pedagang Eropa seperti Marco Polo dengan begitu bisa lakukan perjalanan ke Cina serta kembali lagi bawa berbagai rupa cerita mengenai begitu kaya serta makmurnya Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar